Diposting Pada: Sabtu, 27 Juli 2019
SOSIALISASI TEKNIS SUBSTANTIF PENYUSUNAN RPP KURIKULUM 2013 MIN 5 TEBO


SOSIALISASI TEKNIS  SUBSTANTIF PENYUSUNAN RPP KURIKULUM 2013 MIN 5 TEBOSungai Keruh (MIN 5 Tebo) - Menindaklanjuti Kebijakan dari Balai Diklat Keagamaan Padang, bahwa peserta yang telah selesai mengikuti diklat, harus melaksanakan sosialisasi di sekolah masing masing, dalam rangka mensosialisasikan hasil Diklat yang diperoleh peserta pada kegiatan Diklat Teknis Substantif Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 yang dilaksanakan pada tanggal 15 – 20 Juli 2019 bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tebo. Pada hari Senin (22-07-2019) Muhammad Sofwan, S.Pd.I selaku salah satu peserta Diklat melaksanakan Sosialisasi Hasil Diklat tentang Teknis Substantif Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bagi Guru MIN 5 Tebo.

Muhammad Sofwan, S.Pd.I selaku pemberi materi menyampaikan tuntutan kurikulum 2013 adalah keaktifan belajar berpusat pada siswa, guru lebih banyak sebagai inspirator, generator dan membimbing siswa untuk menemukan konsepnya. Di dalam penyusunan RPP, pemilihan model pembelajaran dan media pembelajaran harus disesuaikan dengan konteks materi agar pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, efektif, efisien dan menyenangkan. Perencanaan pembelajaran yang baik juga menjadi cerminan kesiapan guru dalam menyalurkan ilmu kepada peserta didiknya.

Sedangkan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13, guru harus memunculkan beberapa hal, yaitu : 1. Penguatan Pendidikan Karakter, 2. Literasi (kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari), 3. Keterampilan 4C, 4. Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill). Adapun yang dimaksudkan dari Higher Order Thinking Skill adalah kemampuan berpikir siswa yang bukan hanya sekedar mengingat dan menyatakan kembali, akan tetapi kemampuan berpikir untuk menelaah informasi secara kritis, kreatif, berkreasi dan mampu memecahkan masalah.

Zulkarnain, S.Ag selaku Kepala MIN 5 Tebo dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari sosialisasi teknis penyusunan RPP yang diikuti oleh guru kita Muhammad Sofwan, S.Pd.I dan diharapkan nanti adanya sharing info mengenai prinsip dan teknik penyusunan RPP yang kekinian serta dapat memotivasi guru untuk berinovasi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dan disekolah.

 


228x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. MIN 5 TEBO mengikuti Kompetisi Sains Madrasah Tk Kabupaten Tebo 2019 209x dibaca
  2. SOSIALISASI TEKNIS SUBSTANTIF PENYUSUNAN RPP KURIKULUM 2013 MIN 5 TEBO 229x dibaca

Halaman ini diakses pada 17-09-2021 02:19:30 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 3.227.235.216
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved